Senin, 16 April 2018

PANEN RAYA TANI MUDO MULYO DADI


Slametan 30 nov 2017.hari ini sangat cerah ,tidak spt hari kemaren.kelompok tani muda mulya dadi di dusun Slametan desa kelor, sudah sangat sibuknya.yang mana hari ini mereka telah mengagendakan panen raya cabe merah.tidak tanggung tanggung,acara yang akan diselenggarakan pagi ini,akan dihadiri oleh wakil bupati GK ,Dr .H.imawan wahyudi dan jajaran dinas dilingkungan kab.seperti Dinas Pertanian dan pangan,Kepala BPS,kepala BAPEDA Dinas perpustakaan dan Arsip Daerah,Dinas Pariwisata, Dinas PU,dan Dinas Kelautan.

Sungguh sebuah prestasi besar yang di raih sekelompok petani pemuda ini hingga mendapt perhatian yg begitu besar dari pemerintah kabupaten Gunungkidul. Mengapa demikian ,ya kelompok tani muda mulya dadi ini telah menjadi pelopor dan.percontohan di lingkungan desa Kelor,karena selain mereka beranganggotakan pemuda mereka sangat bersemangat untuk berinovasi dengan membidik komoditi pasar tentang kebutuhan pangan yang mendasar. Seorang pemuda Sujito namanya,berawal dari kemandiriannya untuk mencoba berinovasi menanam tananan holtikultura.berangkat dari minat baca di perpusdes Nusantara dan mengakses informasi di bidang pertanian melalui fasilitas internet di perpusdes,sujito mempraktekkannya .ketekunannya dan kegigihannya dalam mempraktekkan cara2 menanam dan merawatannya sujito berhasil meningkatkan taraf hidup keluarganya.


Lahan 1000 m dengan modal 7 juta dia menanam sekitar 1500-2000 btg menghasilkan cabe 1 ton ,jika perkilo rp20 000 hasil yang di dapat Rp. 20 juta.dari situ menginspirasi pemuda lainnya untuk bergabung.sejak 2012 hingga skrg anggota kelompok tani Muda Mulya Dadi sdh beranggotakan 22 orang. Dengan selalu di dampingi Ppl kecamatan karangmojo akhirnya budidaya tanaman holtikultura ini makin berkembang. 


Hingga pagi ini di agendagakan.panen raya yang dihadiri wabup GK.melihat potensi dan inovasi ini pemkab GK mengapresiasi program gerakan tanam cabai ,yang mana pemuda 2 yg tidak malu terjun ke dunia pertanian bahkan sdh menjadi pelopor dilingkungan desa. Kesempatan ini di pergunakan kelompok tani muda mulya dadi untuk menyampaikan kendala dan kesulitan selama menggeluti pertanian.holtikultura ini. Dan sebagai apresiasi bentuk perhatian pemerintah kel tani muda mulya dadi mendapat bantuan cultivator dan dijanjikan dam patut untuk pengairan. Hal ini tentu sangat menggembirakan bagi kelompok tani MMd yang tentunya sangat diharapkan.untuk terus mau mengembangkan pertanian holtikultura. Tanggapan lain dari Pemdes kelor dan kecamatan.krmojo,kelompok tani MMD diangkat dalam progam inovasi desa sbg motifasi pemuda yang lainnya utk mau bertani. Krn di jaman skrg ini kemandirian spt ini diharapkan mampu membantu pemerintah dlm menanggulangi kemiskinan.

0 komentar:

Posting Komentar